TENTANG PROGRAM

AIR DI PALESTINA

Dalam laporan yang dipublikasikan pada 18 Maret 2019 untuk Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR), salah seorang Pelapor Khusus di Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Michael Lynk mengungkapkan, pada 2017 lebih dari 96 persen akuifer pesisir Gaza, yang merupakan sumber air utama bagi penduduk Gaza, tidak layak dikonsumsi manusia.

krisis air palestina

Penyebabnya yaitu ekstraksi yang berlebihan karena populasi Gaza yang sangat padat, tercemarnya air oleh limbah dan air laut, blokade Israel selama 12 tahun lamanya, dan perang asimetris yang telah membuat infrastruktur Gaza lumpuh parah dan terus-menerus kekurangan listrik.

Menurut penduduk setempat, saat listrik padam, air tidak bisa dialirkan. Padahal, listrik seringkali padam saat pagi dan siang hari. Oleh karena itu, truk tangki air sangat diperlukan. Selain itu, perlu adanya alat pemurnian air agar air yang tercemar bisa layak dikonsumsi penduduk Gaza.

AIR DI KAMP PENGUNGSIAN SURIAH

Ketersediaan air bersih di kamp pengungsian warga suriah lebih mengenaskan. Karena tidak adanya sumber air, para pengungsi mendapatkan air minum mereka dari air hujan yang ditampung di tong plastik yang ditempatkan di depan tenda. Jika musim panas, para pengungsi sangat tergantung dari pasokan air bersih dari truk tangki air dari para dermawan.

 

syria water crisis

 

YANG TELAH DISALURKAN OLEH SYAM ORGANIZER

Untuk menyediakan air bersih, Syam Organizer telah beberapa kali penyaluran air bersih, baik di Palestina maupun Suriah.

Paling terbaru, pada bulan Januari pendistribusian air ke Deir Balah, Gaza Tengah, dan Bulan Februari ini ke Syijaiyeh, Gaza Timur. Kesemuanya menggunakan Truk Tangki.

Sedangkan di Suriah, kami telah melakukan pengeboran Sumber air di pegunungan hambusyiah, membangun 2 bak besar penampungan, memasang generator dan instalasi pipa sejauh lebih dari 8 kilometer yang akan memberikan air bersih ke 37 Kamp Pengungsi, 3 Rumah Sakit, 20 Masjid, atau sekitar 29.075 jiwa akan mendapatkan manfaatnya.

Tak berhenti disitu, Syam Organizer kemudian menginisiasi proyek yang pertama kali ada, yaitu pengadaan sumber air bersih tenaga surya.

Kelebihannya tentu biaya operasional lebih hemat dibanding dengan distribusi menggunakan truk tangki air.

Kami telah melaksanakan proyek sumber air bersi tenaga surya ini di Kamp Raghdad di Atmah, Idlib ,Suriah Utara

Sebanyak 250 kepala keluarga telah mendapat manfaat dari proyek ini.

KEBUTUHAN PROGRAM AIR BERSIH SYAM

Proyek Sumber Air DenganTenaga Surya Di Suriah

dengan harga paket 50.000 (dengan target 5000 donatur agar terwujudnya proyek ini)

Proyek Droping Air Bersih di Palestina

dengan harga paket 50.000 (untuk 250 liter air dengan target satu juta liter air dengan puluhan ribu penerima manfaat)

Yuk! ulurkan tangan kita untuk saudara sesama,
50.000 adalah hal yang sangat ringan bagi kita, namun begitu berarti bagi mereka yang kekurangan air bahkan tidak sedikit dari mereka yang meregang nyawa.

semoga donasi para dermawan membawa berkah yang berlimpah, dan menjadikan pahala yang terus mengalir abadi di akhirat nanti.

dan kami ucapkan Jazaakallahu Khaira Jaza untuk para muhsinin yang bersama saling bahu-membahu untuk proyek ini.

Ajakan Tokoh